Peran Media Massa Di Maluku Saat Pemilu Masih Netral, Dewan Pers Apresiasi

AMBON, LIPUTAN.CO.ID-Media Massa di Maluku masih bersikap netral dalam mengangkat pemberitaan seputar Pilpres dan Pileg 2019.

Hal itu berdasarkan hasil riset Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers Ambon yang disampaikan Insani Syahbarwati saat mengawali pembicaraan sebagai pemandu Workshop Peliputan Pasca Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden, yang digelar Dewan Pers di Swiss BellHotel Ambon, 4 Juli 2019.

Insani yang juga berposisi sebagai Probram Manejernya LBH Pers Ambon ungkapkan, riset yang dilakukan LBH Pers selama bulan Maret hingga Juni 2019. Sementara sampel yang dijadikan subjek riset adalah beberapa Media Online di Maluku dengan data Google yang paling banyak diklik dan paling sedikit diklik.

“Secara kualitatif, konten pemberitaan tentang Pilpres dan Pileg 2019 yang diangkat Media di Maluku masih netral. Media masih bersikap netral dalam mengangkat pemberitaan seputar Pilpres/ Pileg 2019. Isu-isu yang diangkat oleh Media masih berada dalam kategori yang realistis,” ujar Insani

Terhadap hal itu, Komisi Hukum Dewan Pers M. Agung Darmajaya mengapresiasi Media di Maluku yang tidak ikut ikutan memberitakan soal pemilu yang tidak sesuai dengan kaidah jurnalistik. Dan tidak ikut dalam memanas – manasi keadaan saat jelang dan pasca pemilu.

“Saya beri penghargaan trimakasih kepada media di Maluku membantu pemerintah dan aparat karena ikut menjaga stabilitas dengan pemberitaan yang berimbang dan tentu tidak memanasi keadaan. Sehingga pemilu disini sangat kondusif,” kata Agung usai memberikan materi dalam kegiatan Workshop Peliputan Pasca Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden.

Potret yang dia temui yakni peran media yang turut menjaga situasi kondusif di Maluku Selama Pemilu, bakal dijadikan sebagai contoh bagi daerah lain.

Loading...

Komentar