Tabran Rumonin
19 Oct 2020 11:11 WIT

Proyek 31 Miliar, PT. Bias Sinar Abadi Buram

Liputan SBB--Masih dipertanyakan anggaran 31 miliar lebih yang dicairkan oleh perusahan PT. Bias Sinar Abadi, di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) sejak tahun 2018 silam itu.

Proyek pembuatan ruas jalan Dasa Rambatu menuju Desa Manusa Kecamatan Inamosol Kab SBB yang menyerap Anggaran Pemerintah Daerah (APBD) miliaran rupia itu hingga hari ini masih terbengkalai, parahnya lagi Pihak Dinas Pekerjan Umum (PU) Kab SBB telah merekomondasikan anggaran 31 miliar lebih itu, untuk dicairkan 100%, ke pihak Peruasahan sebagai pemeng tender proyek tersebut, tanpa menggecek hasil kerja di lapangan

Saat ini, pihak Perusahan pun buram terkesahan hilang dari dugan temuan 31 Milyar lebih itu, dan kini kondisi akses jalan di dua Desa yang ada di Kecamatan Inamosol itu sanggat prihatin, akibat dari ulah PT. Bias Sinar Abadi itu.

Pernyataan Kadis PU SBB Thomas Wattimena juga dinilai abu-abu terkait proses pekerjaan proyek tersebut.

Sebelumnya kasus dugaan temuan ini terbongkar setelah sejumlah warga dari dua Desa Manusa dan Desa Rambatu melakukan aksi demostrasi di depan gedung kantor bupati Kabupaten SBB pada Kamis, (15/10/2020) lalu, dengan pernyatan mereka "Meminta Pemda dan Kadis PUPR SBB bertangungjawab terkait pekerjaan jalan yang tak kunjung selesai di wilaya mereka Kecamatan Inamaosol itu,".

Menurut Ketua Paguyuban Persekutuan Hena Samanuei, Yongki Tenine. yang juga sala satu warga Inamosol, dia pastikan akan ada gelombang demonstarasi yang cukup besar di gedung Kantor Bupati SBB.

"Saat ini kami ada dalam tahap proses pemuatan ijin demo, yang jelas adik-adik mahasiswa Inamosol akan mengawal dan turun beraksi nanti, karena ini merupakan bagian dari perjuangan untuk kepentinggan masyarakat Inamosol khususnya," kata dia, Yongki saat dihubungi Media ini Senin(19/10/2020

Dikatakannya, kami saat ini masyarakat Inamosol terus berupaya mengumpul semua data terkait kasus ini, dan jika benar dugan temuan ini sesuai fakta 100% dicairakan PT. Bias Sinar Abadi, maka akan kami perjuangkan.

"Dugaan kejahatan ini akan kami perjuangkan hingga di proses sesuai hukum," bebernya. (tbr)

Dapatkan sekarang

Liputan Maluku, Ringan dan cepat
1 Disukai
Abdullah
5 hari