Warga Missing Jauh dari Kesejahteraan, Pemda SBT Jangan Tutup Mata
NSP Faimly Peduli Kemanusiaan: Ronald Abdullah Pical
Lihat Juga
Redaksi
05 Jan 2021 18:43 WIT

Warga Missing Jauh dari Kesejahteraan, Pemda SBT Jangan Tutup Mata

Bula, LIPUTAN

Pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur ( SBT ) diminta untuk jangan menutup mata terhadap Kehidupan Warga di dusun Air Dingin, Desa Missing, Kecamatan Kilmury yang kabarnya belum tersentuh oleh Pemda Setempat.

Permintaan ini datang dari Pemilik Grup Peduli Kemanusiaan NSP Family, Ronald Abdullah Pical, Kepada Media ini melalui rilis kemarin.

" Saya minta untuk ada perhatian khusus dari Pemda SBT terhadap Warga dusun Air dingin, desa Missing, Kecamatan Kilmury, kabupaten SBT," Ungkap Pical.

Melalui Program NSP Family Peduli Kemanusiaan yang yang dinahkodai oleh Ronald Abdullah Pical ini menceritakan kehidupan warga dusun Air dingin.

Diceritakan dalam rilisnya, hampir seluruh warga disusun tersebut masih jauh dari kata Kesejahteraan, sehingga hal ini perlu ada perhatian khusus dari Pemda SBT.

" Saya temukan masih banyak warga disusun tersebut membutuhkan perhatian, karena disana selain belum mendapat perhatian Pemda, disamping itu kehidupan mereka yang sangat memprihatinkan, dimana mereka belum memiliki lampu listrik, dan rumah papan yang belum memliki lantai, serta atap rumah yang terbuat dari daun rumbia," Ungkapnya.

Lebih sangat memprihatinkan, Kata Pical bahwa pendidikan mereka yang belum teratasi karena selain tidak ada bangunan sekolah, disamping itu ekonomi keluarga yang tidak menentu.

Mirisnya, Kata Pical, mereka yang semestinya sudah memperoleh pendidikan selayaknya sebanyak 50 Anak ditingkat SD ini, hanya terdapat tiga Anak yang membaca dengan baik. Lainya belum bisa membaca buku karena belum memperoleh pendidikan yang selayaknya.

Selain itu, Lanjut Pical bahwa jika salah satu warga setempat terserang penyakit, maka yang jadi senjata Pamungkas hanyalah obat kampung atua pengobatan seadanya.

Kejadian tersebut ditemukan pada saat Ronald Abdullah Pical melakukan kunjungan pada akhir November tahun 2020. Sehingga, Melalui program Peduli Kemanusiaan, tepatnya pada 01 bulan Januari tahun 2021, Ronald Abdullah Pical didampingi sepuluh pemuda pecinta kemanusiaan memberikan bantuan kepada Warga tersebut sebanyak 9 Unit Lampu Penerangan, Pemberian Sembako, membantu melakukan Pengecetan rumah dan sekaligus rumah yang belum memiliki lantai ini didasar dengan semen oleh Ronald Abdullah Pical dan beberapa temannya.

Kendati hanya beberapa bantuan saja, Sebagai Pemuda Peduli Kemanusiaan, Pical berkoordinasi dengan Anggota DPRD Dapil II Fathul Kesirumaratu, guna bisa berlansung dengan baik. 

" Meski begitu, saya sudah koordinasi degan Anggota DPRD SBT Fathul Kwairumaratu, dan didikung dengan baik," Ungkapnya.

Dikatakan, NSP Family lebih terfokus pada dusun tersebut karena mereka merupakan warga Mualaf.

Lanjut Pical, Untuk kedepan adanya peduli terhadap kemanusiaan, Pical menyebut dusun tersbeut sebagai Kampung Hijau, alasannya karena potensi yang kelak disoroti adalah Teh Hijau Kilmury di kawasan tersebut.

Ia menyadari sungguh bahwa dirinya tidak sempurnah dalam memberikan harapan, sebagai manusia Biasa, Ia hanya berharap agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik.

Ditambahkan bahwa, Pembanguan sekolah saat ini sangat di harapkan oleh Warga dusun Air dingin. Untuk itu Ia sagat berharap adanya pembangunan gedung sekolah.

Untuk diketahui, Dusun air dingin terletak antara perbatasan Kecamatan Werinama dan Kecamatan Kilmury dan di huni oleh 74 jiwa.

Selain itu, Mereka menempati 28 Rumah yang masih berlantai tanah, dengan dinding papan dan atap rumah yang terbuat dari daun rumbia. ( L-01).

Dapatkan sekarang

Liputan Maluku, Ringan dan cepat
0 Disukai